Kehadiran rombongan dua tim produksi film Perburuan dan Bumi Manusia menjadi magnet tersendiri bagi warga Surabaya. Sejak siang mereka telah memadati area Surabaya Town Square untuk menyaksikan Gala Premiere film Perburuan dan Bumi Manusia. Acara Gala Premiere kedua film itu memang dilangsungkan pada hari yang sama (Jumat, 09/08/19) namun pada waktu yang berbeda. Meet n greet film Perburuan diadakan terlebih dahulu sekitar pukul 11.00 WIB, sedangkan film Bumi Manusia pada malam harinya sekitar pukul 18.00 WIB.

All cast dan kru film Perburuan dan Bumi Manusia

Menariknya, dari serangkaian acara Gala Premiere tersebut, all cast dan kru film mengenakan batik. Tidak hanya itu, para pemenang giveaway tiket Gala Premiere pun juga diwajibkan mengenakan dresscode batik. Alhasil, penampilan para pemain dan kru film pun juga semakin memancarkan karisma dan pesonanya lewat batik yang mereka pakai.

Jika siang harinya acara ini sudah meriah, maka malam harinya pun tak kalah meriah. Seluruh pemain film Perburuan dan Bumi Manusia beserta kru film tampil berlenggak-lenggok di karpet merah. Sudah sedari sore hari para fans dan penonton menanti kehadiran rombongan ini. Sesaat setelah MC menyebutkan satu persatu pemain, diawali dari keluarga Warkop DKI Reborn (Om Indro), keluarga Om Pram, keluarga Hanung dan Richard Oh, pemain film Perburuan, dan diakhiri dengan keluarga film Bumi Manusia.

Om Indro mulai berjalan di red carpet

Film Perburuan disutradarai oleh Richard Oh dan dibintangi Adipati Dolken (sebagai Hardo) dan Ayushita (sebagai Ningsih). Sementara itu, Bumi Manusia disutradarai oleh Hanung Bramantyo yang menunjuk Iqbaal Ramadhan (sebagai Minke), Mawar de Jongh (sebagai Annelies), dan Sha Ine Febriyanti (sebagai Nyai Ontosoroh) sebagai bintang utamanya.

Kedua film ini diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer dan semalam keluarga Pramoedya Ananta Toer pun ikut hadir serta mengaku puas dengan kerja keras para cast dan kru film. Menambah kemeriahan acara, turut hadir pula Iwan Fals dan Once Mekel sebagai penyanyi soundtrack film Bumi Manusia. Lagu Ibu Pertiwi yang dinyanyikan Iwan Fals dan Once Mekel melantun indah di atrium Surabaya Town Square tadi malam.

Iwan Fals dan Once Mekel saat menyanyikan soundtrack lagu Ibu Pertiwi

Lewat sambutannya di depan panggung tadi malam dan di hadapan pemain Bumi Manusia serta ratusan penggemarnya di pinggir karpet merah, Iqbaal mengucapkan terima kasih dan meminta pengunjung untuk mengapresiasi tim film Bumi manusia. “Terima kasih untuk waktu dan pikiran. Selanjutnya, saya minta tepuk tangan untuk semua pemain dan kru Bumi Manusia,” seru Iqbaal dalam kata sambutannya.

Saat ditanya MC apa momen yang tidak terlupakan selama penggarapan film Bumi Manusia, Iqbal pun berkata “Semua enggak terlupa karena dapat peran Minke itu tanggung jawab. Buku legendaris dari sastrawan legendaris. Tiga bulan workshop dan tiga bulan syuting. Unforgettable moment dan hari ini gala premiere,” kata Iqbal.

Terakhir, film Perburuan dan Bumi Manusia sendiri sudah bisa dinikmati lewat penayangannya di seluruh bioskop Indonesia pada 15 Agustus 2019 mendatang.