“Kamu Terlalu Banyak Bercanda” adalah gelap untuk terangnya “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”. Kalimat inilah yang terpatri pada prekuel buku kedua Marchella FP. Sukses dengan buku pertamanya (NKCTHI), buku keduanya ini (KTBB) seolah akan mengikuti jejak buku sebelumnya yang sudah menjadi best seller.

Surabaya pun jadi kota beruntung pertama yang menjadi pemberhentian tim Marchella FP untuk melakukan book tour sebelum melanjutkan tur buku lainnya ke enam kota besar lainnya di Indonesia seperti Makassar, Denpasar, Medan, Yogyakarta, Jakarta, dan Bandung.

Tur Buku Pertama KTBB di C2O Library & Collabtive, Surabaya

(Sabtu, 03 Agustus 2019), Marchella FP bersama tim gelar acara bertajuk ‘Bercanda Bareng Marchella FP’ di C2O Library & Collabtive. Sejak pukul satu siang, para peserta sudah memadati lokasi. Peserta pun diarahkan ke meja registrasi dan dibagi ke dalam dua jalur antrean: datang ke event saja atau membeli buku juga. Bagi yang ingin membeli buku, bisa langsung OTS disana, caranya cukup meng-install aplikasi Blibli.com terlebih dahulu kemudian buku bisa dibeli seharga Rp. 125.000. Blibli.com ditunjuk sebagai distributor eksklusif dari buku ini.

Pihak Blibli.com pun menyediakan kurang lebih 200 buku untuk dijual saat acara tur buku pertama di Surabaya ini. Bagi peserta yang membeli langsung di tempat, lewat harga Rp. 125.000 tersebut peserta sudah bisa mendapatkan satu goodie bag lengkap beserta isinya antara lain satu buku KTBB lengkap dengan stiker dan amplop surat didalamnya, satu pena, dan satu Mocacinno coffee dari Good Day. Plus, bagi 50 peserta yang datang paling awal akan mendapatkan voucher potongan harga buku, dari yang awalnya Rp. 125.000 menjadi Rp. 100.000 saja. Selain itu, peserta juga diajak untuk mengunggah foto keseruan selama acara dan berkesempatan untuk memenangkan Fujifilm Instax Mini Liplay.

Marchella FP dan Tim

Acara tur buku pun berjalan cair dan fun karena gaya kocak MC, Reza Chandika, yang bisa membuat suasana disana makin hidup dan tidak terlalu tegang. Lebih lanjut, pada kesempatan ini Marchella juga bercerita bahwa buku yang ditulisnya sejak tahun 2008 ini memuat sisi lain dari Awan, tokoh utama pada kedua bukunya. Ia ingin menampilkan sisi lain Awan tokoh utamanya yang jarang ditunjukkan seperti kemarahan, kesedihan, perasaan ragu, dan ketakutan.

Marchella sendiri juga sebenarnya tak ingin dirinya disebut penulis. Ia bukan berlatarbelakang sebagai anak Sastra, dan menulis ini sebetulnya hanya merupakan kegiatan yang biasa ia lakukan sepulang kerja. Ia juga berbagi tips teknik menulis kepada peserta, bahwa saat membuat karya juga perlu ‘dirasa-rasa’, boleh mengikuti pattern yang ada, namun juga sebaiknya tidak terlalu terpatok pada persentase untuk berapa persen ilustrasi atau berapa persen tulisan, intinya #mulaiajadulu.

Book Signing Buku KTBB

Sesi akhir acara ditutup dengan melakukan book signing sesuai nomor urutan dan foto bersama Marchella FP.