Kata Pingtan ini tidak sengaja saya temukan saat membaca buku “Alibaba’s World”. Buku ini ditulis oleh Porter Erisman selaku eks Vice President Alibaba. Tak banyak orang tahu kalau ternyata orang tua Jack Ma dulu bekerja sebagai pingtan performer (musik bernarasi).

Darah seni yang dimiliki oleh pria yang lahir di Hangzhou, China ini ternyata diwariskan dari kedua orang tuanya itu dimana hal tersebut membuatnya sangat lihai dalam menampilkan performanya di depan umum.

discover.china.org.cn

Lalu apa itu Pingtan?

Pingtan adalah seni rakyat tradisional China yang menggabungkan musik dan mendongeng. Sumber lain mengatakan bahwa pingtan bisa diartikan sebagai profesi pendongeng cerita tradisional dan penyanyi balada. Dilansir dari laman Discover China, Pingtan merupakan seni pertunjukan lisan yang berasal dari Suzhou semasa Dinasti Ming. Komponen yang harus dimiliki untuk menjadi penampil pingtan yakni kemampuan bermusik Tanci (弹词) dan bercerita Pinghua (评 话), yang dilakukan dalam dialek Suzhou. Tanci, yang memadukan narasi prosa dengan nyanyian lirik yang diiringi oleh Pipa atau instrumen tiga dawai, dapat dipertunjukkan solo, duet atau trio. Pinghua biasanya dilakukan oleh seorang pendongeng tanpa bernyanyi. Pingtan sendiri sudah cukup populer di daerah selatan Sungai Yangtze selama lebih dari 400 tahun. Terbukti hal ini telah tertulis dalam Daftar Warisan Budaya dan Kesenian Nasional (National Intangible Cultural Heritage) pertama di Tiongkok.

discover.china.org.cn

Mengapa pingtan begitu populer dan diminati?

Pingtan, genre musik yang populer di Jiangsu selatan dan provinsi Zhejiang utara, dan Shanghai ini awalnya dipopulerkan saat masa Dinasti Qing (1644-1911) dimana kala itu muncul ketika ekonomi Suzhou berkembang. Pingtan begitu dikagumi karena penampilan melodi yang indah dan memukau, semua disuarakan dalam dialek yang lembut. Seluruh pertunjukan, biasanya bertema legenda sejarah, dapat berlangsung lebih dari 30 jam, dan dilakukan dalam bab terpisah yang berlangsung dalam beberapa hari. Apabila Tanci dan Pinghua bermain bersama, tema cerita yang umumnya dibawakan adalah cerita romansa tradisional. Para pendongeng duduk di meja tetapi mereka pada waktu tertentu juga bisa bergerak terutama saat memerankan karakter dalam narasi. Alat peraga panggung yang biasa digunakan yaitu kipas lipat yang berfungsi untuk memeragakan atau melambangkan sesuatu.

Dimana tempat terbaik untuk menikmati Pingtan?

Suzhou Pingtan Museum 苏州评弹博物馆

Jam buka: 09:00 a.m. – 5:00 p.m.

Tiket masuk: 5 yuan/orang

 

Guangyu Pingtan Society 光裕书厅

Jam buka: 1:30 p.m. – 3:30 p.m.

Tiket masuk: 4 yuan/orang (waktu siang hari)