Berpartisipasi dan berkontribusi aktif untuk daerahnya masing-masing dan Indonesia merupakan salah satu tujuan diadakannya Pemilihan Muda Sadar Budaya dan Pariwisata Indonesia. Acara ini diselenggarakan oleh Asosiasi Duta Wisata Indonesia dan Gramuda Sabudarta Indonesia tiap tahunnya. Pada kesempatan kali ini sendiri, saya ingin mencoba mengulas kembali pengalaman saya saat mengikuti Pemilihan Muda Sabudarta Indonesia tahun 2015. Secara garis besar, tahapan seleksinya tidak terlalu berbeda namun tentunya akan ada variasi di tiap tahunnya.

Apa yang dimaksud dengan Pemilihan Muda Sabudarta Indonesia?

Image courtesy from Instagram account @mudasabudartaid

Sejatinya, Muda Sabudarta Indonesia merupakan suatu wadah untuk menyalurkan kecintaan kita terhadap budaya dan pariwisata dari daerah kita masing-masing dan Indonesia. Disini, Anda akan berperan sebagai representatif dari daerah Anda masing-masing. Melalui pemilihan ini, Anda diharapkan dapat mengenalkan atau mempromosikan budaya, pariwisata, dan kearifan lokal lainnya sebagai generasi muda Indonesia. Pemilihan ini lingkupnya nasional sehingga terbuka bagi para pemuda-pemudi Indonesia di seluruh daerah di Indonesia.

Tahapan Seleksi Pemilihan Muda Sabudarta Indonesia 2015

Image courtesy by Vindy Fatullah Agus

Pada tahun 2015 sendiri, tema yang diangkat yakni “Become an Inspiring Generation Through Promoting Local Wisdom”. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 9 Mei — 20 Juni 2015 dan dilakukan secara online di http://www.adwindo.net/. Terdapat dua jenis seleksi yang dilakukan yakni Seleksi On The Spot dan Online. Seleksi On The Spot terbagi di dua tempat yakni di Surabaya pada tanggal 6 Juni 2015 dan di Malang pada tanggal 13 Juni 2015. Sedangkan, Seleksi Online diperuntukkan khusus bagi mereka yang tidak mengikuti Seleksi On The Spot dan dilaksanakan mulai tanggal 20–28 Juni 2015.

Persyaratan Peserta

1. Warga Negara Indonesia Berusia 17–22 Tahun

2. Pendidikan minimal SMA atau masih aktif sebagai Mahasiswa D3/S1 (sederajat)

3.Mewakili Kabupaten / Kota sesuai dengan identitas yang berlaku

4. Berpenampilan menarik, cerdas, dan berbudi pekerti luhur

5. Berwawasan luas tentang kebudayaan dan kepariwisataan daerah yang diwakili dan Indonesia pada umumnya

6. Belum pernah mengikuti Pemilihan Muda Sabudarta Indonesia sebelumnya. Duta Wisata daerah/provinsi diperbolehkan

7. Memiliki dan aktif menggunakan media sosial (seperti facebook, twitter, dan instagram)

8. Memiliki kemmapuan berkomunikasi dengan baik terutama berbahasa Indonesia, bahasa asing, dan bahasa daerah

9. Memiliki bakat dan talenta menarik khususnya bernilai tradisi

10. Aktif berkegiatan organisasi di bidang kebudayaan dan pariwisata akan memberikan nilai tambah

11. Memiliki prestasi akademik dan non akademik

12. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000,- Informasi selanjutnya bisa diakses di http://www.adwindo.net/Pemilihan-Muda-Sabudarta-Indonesia-2015/

Seleksi On The Spot Surabaya

Image courtesy from Instagram account @mudasabudartaid

Setelah melakukan pendaftaran online, tiba waktunya untuk mengikuti Seleksi OTS. Dikarena saya berdomisili di Surabaya dan kebetulan seleksi OTS juga diadakan di Surabaya, amaka saya memilih untuk mengikuti seleksi OTS di Surabaya. Pemilihan Muda Sabudarta Indonesia 2015 di kota pahlawan ini diselenggarakan tanggal 14 Juni 2015 bertempat di Atrium Rainbow Lt.2 BG Junction Mall, Jl. Bubutan No 1–7 Surabaya. Di tahap ini ada tes tulis, sesi tanya jawab, dan penampilan bakat secara singkat. Pada hari itu juga dipilih 16 pra-semifinalisnya kemudian disatukan. Ke-16 pra-semifinalis ini akan kembali di screening bersama pra-semifinalis audisi online. Dimana keseluruhan semifinalis terpilih akan diumumkan pada 29 Juni 2015. Berikut adalah ke-16 pra-semifinalis Pemilihan Muda Sabudarta Indonesia 2015 dari audisi Malang Raya dan Surabaya:

1. Fachruddin Irfani — Kota Batu

2. Moch. Deni Malik — Kab. Kediri

3. Filipus Adimas Dwi Cahyo — Kota Batu

4. Millatul Hanifiyyah — Kota Batu

5. Wira Ardiansyah — Kab. Tulungagung

6. Yesintha Octaviani — Kab. Trenggalek

7. Xena Putri Judowati — Kota Malang

8. Marina Berlian S.D — Kab. Sidoarjo

9. Lufi Yuwana M — Kab. Pacitan

10. Nalurita Pratiwi — Kota Palembang

11. Jatmiko — Kab. Banyuwangi

12. Ficca Ayu Saraswaty — Kota Surabaya

13. Ayue Zone Pratitis — Kota Balikpapan

14. Siska Septian A — Kota Surabaya

15. Romy Irwanto — Kab. Sidoarjo

16. Elisa Nuky Desiana — Kab. Lamongan

Tahap Menuju ke Semifinalis

Image courtesy from Instagram account @mudasabudartaid

Sekedar informasi, dari 122 peserta yang terdiri dari peserta seleksi online dan pra semifinalis dari seleksi on the spot, dewan juri memutuskan dan telah memilih sebanyak 50 peserta yang terdiri dari 25 laki-laki dan 25 perempuan yang berhak melaju ke babak selanjutnya yakni tahap penilaian semifinal. Komposisi pengambilan 25 besar semifinalis didasarkan oleh 3 komponen penilaian yang telah diumumkan via email yakni sebagai berikut :

1. Form CV(untuk seleksi online) atau Nilai Akhir On The Spot(Untuk Pra Semifinalis) dengan prosentase nilai sebesar 30%

2. Artikel Promosi Pariwisata dengan prosentase nilai sebesar 40%

3. Daily Social Media Activities dengan prosentase nilai sebesar 30%

Tahapan Menuju Grand Finalis

Image courtesy from Instagram account @mudasabudartaid

Setelah melewati tahap semifinalis, para peserta terpilih kemudian diminta untuk membuat video singkat berdurasi kurang lebih lima menit yang menggambarkan tentang budaya dan pariwisata atau tempat-tempat bersejarah di kotanya masing-masing. Sebagai tambahan informasi, share/repost foto semifinalis tidak termasuk dalam penilaian yang menyebabkan peserta mendapat predikat Terfavorit atau lolos ke tahap selanjutnya (grand finalis). Panitia juga mengingatkan untuk seluruh peserta harap memperhatikan ketentuan video yang dibuat untuk penilaian di tahap kedua ini. Silahkan berkreasi sesuai dengan kreativitas masing-masing namun tidak mengabaikan ketentuan yang telah dibuat panitia. Dalam hal ini, saya bersama tim (Mas Ilham dan Nindita) membuat video yang menayangkan tentang tempat-tempat unik dan kuliner menarik di Surabaya.

Image courtesy from Instagram account @mudasabudartaid

Dukung Ficca Ayu Saraswaty untuk menjadi finalis terfavorit dalam Pemilihan Muda Sabudarta Indonesia 2015 dengan cara like foto finalis di akun Instagram @mudasabudartaid.
Voting akan dibuka dari 5–17 Oktober 2015(Pukul 17.00 WIB).

Tahapan Karantina Grand Final

Image courtesy by Vindy Fatullah Agus

Tahap karantina berlangsung sekitar tiga hari. Di hari pertama, peserta mengerjakan pre-test. Selama karantina, para peserta mendapatkan banyak pembekalan dari para ahli mulai dari wawasan budaya dan bahasa dari Bapak Alim Hari Pamungkas, M.Pd, beliau merupakan seorang dosen pendidikan luar sekolah, Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, pembekalan dari Mas @nursasongkos (salah satu founder @indopageants), Pembekalan Materi Kedua tentang “Setahun Menjabat Seumur Hidup Menginspirasi” yang disampaikan oleh Bli @adipratama11 (Ketua Umum Asosiasi Duta Wisata Indonesia), dan Pembekalan Materi ketiga tentang Publik Speaking dan Berbagi Pengalaman oleh kak @sazaanindyo (Duta Wisata Indonesia 2013). Kemudian dilanjutkan ke tahap deep interview Finalis Muda Sabudarta Indonesia 2015. Dewan Juri yang berkesempatan menilai tahap deep interview antara lain:

1. Mas @nursasongkos (salah satu founder @indopageants)

2. Bli @adipratama11 (Ketua DPN Asosiasi Duta Wisata Indonesia)

3. Kak @bagusituadit (Founder Gramuda Sabudarta Indonesia)

4. Kak @b_castyana (Sekretaris Asosiasi Duta Wisata Indonesia)

Adapula sesi malam keakraban, sesi olahraga, sesi latihan tarian untuk malam grand final, sesi kunjugan ke Museum Jatim Park 1, dan ditutup dengan Malam Grand Final yang diadakan pada hari Sabtu, 17 Oktober 2015, pukul : 18.30 WIB — selesai. Tahapan karantina hingga malam grand final sendiri diadakan di Pondok Jatim Park Hotel & Cafe Kota Batu. Berikut adalah nama-nama pemenangnya:

Muda Sabudarta Indonesia 2015

Putra: @aditya.pratamas — Kota Batu

Putri: @lufiyuwana — Kab. Pacitan

Wakil 1 Muda Sabudarta Indonesia 2015

Putra: @vindyfagus — Kab. Bengkalis

Putri: @siskaseptian — Kota Surabaya

Wakil 2 Muda Sabudarta Indonesia 2015

Putra: @landungdwiwibow — Kota Surakarta

Putri: @pratiwiliss — Kota Tangerang Selatan

Muda Sabudarta Indonesia Favorit 2015

Putra: @edlyfachrurozy — Kota Medan

Putri: @lufiyuwana — Kab. Pacitan

Muda Sabudarta Indonesia Berbakat 2015

Putra: @fachruddinirf — Kota Batu

Putri: @khairaniaisyah — Kab. Malang

Muda Sabudarta Indonesia Persahabatan 2015

Putra: @gielangmu — Kab. Garut

Putri: @devianads — Kota Bekasi