Sekarang ini sudah zamannya buat berkolaborasi dan kongkow asik di tempat yang nyaman. Alasan itu yang mungkin melatarbelakangi beberapa co-working space yang saat ini bermunculan di Surabaya. Seperti yang kita tahu sebelumnya sudah ada co-working space di Siola, Jalan Pacar, dan saat ini muncul satu lagi yang baru.

Satu yang baru ini dinamakan “Omah Jaman Now”. Istilah “Jaman Now” ini merupakan sebuah gerakan dalam mengikuti arus perkembangan jaman. Sering kali digunakan sebagai julukan untuk menunjukkan hal yang kekinian.

Ide awal berdirinya adalah untuk membuat pusat dalam menunjang kegiatan bagi para pegiat start-up atau perintis komunitas. Tidak hanya start-up digital, tetapi juga diperuntukkan bagi komunitas atau freelancer.

Soft-opening “Omah Jaman Now” (Jumat, 02/02/18) ini dihadiri oleh bakal calon gubernur Jatim Saifullah Yusuf dan sangat diapresiasi oleh beliau. Rumah yang terletak di Jalan Bali Nomor 24 Surabaya itu merupakan tempat kumpul anak muda, untuk berdiskusi, kongkow, hingga berkolaborasi.

Soft-Opening Co-Working Space “Omah Jaman Now”

Omah Jaman Now awalnya diinisiasi Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf. Kemudian beberapa kelompok anak muda menerjemahkan dan menyulapnya sebagai tempat yang nyaman untuk mengaktualisasikan diri. “Omah Jaman Now ini adalah contoh nyata bahwa kreativitas dan kolaborasi adalah sepasang kaki yang berjalan beriringan,” ucap Gus Ipul saat membuka tempat tersebut.

Pria berkumis tebal itu menambahkan, para anak muda atau generasi millenials adalah tonggak ekonomi kreatif. “Saya, meskipun dalam umur termasuk kategori generasi old, tapi tetap memiliki semangat zaman now,” tambahnya dengan senyuman

Di kota yang terkenal akan semanggi ini sendiri, sebenarnya sudah banyak berdiri co-working space. Sayangnya tempat-tempat tersebut tidak bisa dikatakan terlalu eksklusif dikarenakan berbayar sehingga tidak sepenuhnya bisa memfasilitasi kegiatan komunitas yang ada.

Gus Ipul berkomitmen akan terus mendukung dan mengembangkan semangat kreativitas, kolaborasi khususnya anak muda untuk memajukan ekonomi kreatif Jawa Timur. Diharapkan pula dapat menjadi tempat berkumpulnya pemuda Jawa Timur untuk mengekplorasi kemampuan mereka dalam memanfaatkan fasilitas yang ada dan membangun start-up.

YOT Surabaya ke “Omah Jaman Now”

Omah Jaman Now ini dibuka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB. Tempat ini memiliki empat unit ruangan yang dapat diakses secara gratis yakni Lorong Inspiratif, Ruang Kolaboratif, Ruang Produktif serta Selasar Kreatif. Omah ini nantinya akan dihuni atau digunakan sebagai kantor bersama bagi kelompok-kelompok kreatif. Poin paling penting yakni tidak ada biaya yang dibebankan sama sekali untuk masuk ke area disini.

Harapan lainnya yakni “Omah Jaman Now” mampu mengatasi masalah dalam menghadapi tantangan perkembangan jaman dan nantinya melalui cara ini dapat membuat database komunitas dan mengkolaborasikannya.