Hari Sabtu kemarin (27/01/2018), YOT Surabaya berkesempatan untuk hadir dan belajar public speaking bersama Surabaya Heroes Toastmaster Club. Tema diskusi kali ini adalah Local Movies yang disukai atau tidak disukai. Setiap kali beropini di hari itu, para audiens diharapkan bisa memunculkan kata “vivid” (adj) untuk Word of The Day.

Menariknya dari acara ini adalah adanya tim evaluasi yang terdiri daru grammarian, timer, ballot counter, dan “Ah” and WoD counter. Tugas dari masing-masing anggota tim ini sangat unik sekali seperti Grammarian yang harus mengkoreksi grammar dari tiap speaker, lalu ada timer yang bertugas untuk mengamati waktu atau durasi dari para speaker dimana hanya diberikan waktu sekitar 2 menit untuk impromptu speech dan lima sampai enam menit untuk prepared speech.

Setelah sambutan, audiens secara volunteering atau ditunjuk untuk melakukan impromptu speech dengan topik yang sudah disediakan dan tanpa persiapan sebelumnya. Ada 10 audiens yang maju dan 10 topik yang disediakan. Salah satu audiens yang berani dan berkesempatan untuk maju ke depan adalah Ficca Ayu, Vice Director of YOT Surabaya. Kebetulan ia mendapatkan topik “What do you think of Indonesian movie director?”

Menurut Ficca, para sutradara film di Indonesia saat ini sudah semakin baik dan bagus dalam menghasilkan film-film di Indonesia misalnya Filosofi Kopi 2. Dari segi pemilihan lokasi cerita, pemain atau cast, alur cerita, komposisi musik dan semuanya dikemas dengan baik.

“Saya suka saat sutradara ini memilih kopi sebagai subjek utama dari film dan memilih lima wilayah dari Indonesia untuk setting film-nya.”ujarnya

Selain ada table session, juga ada prepared speech session yang dibawakan oleh Mawardi dan Baby. Mawardi menyampaikan classic book review yang berjudul “How to Attract Beautiful Girls and Have Date by Don Pedros”, sedangakan Baby menjelaskan tentang Lesson Learned dari pengalamannya sendiri dalam hal pekerjaan.

Acara ditutup dengan pemberian awards untuk pembicara terbaik dari audiens, pembicara terbaik dari Toastmasters, dan evaluator terbaik.